Ragam Oleh-oleh Khas Malang Bisa Dijadikan Alternatif Pilihan

Di Jawa Timur, Malang menjadi kota kedua terbesar yang kerap menjadi kota kedua terbesar yang kerap kali dijadikan tujuan utama bagi para wisatawan saat berlibur ke Jawa Timur. Bahkan pada tahun 2017, kota Malang tercatat dikunjungi lebih dari 4,7 juta wisatawan lokal maupun wisatan dari mancanegara. Malang juga memiliki berbagai porduk oleh-oleh khas yang tidak jarang diburu oleh wisatawan.

Sebagian orang bingung apa sebenarnya oleh-oleh khas Malang yang bisa dibeli saat berkunjung ke sana. Sebenarnya ada banyak, hanya saja memang tidak semuanya khas. Dalam artian, bisa ditemukan dengan mudah di tempat wisata lainnya.

Dari berbagai wilayah, Malang menjadi salah satu kota yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara. Ketika Anda mengunjungi tempat ini dan ingin membawa oleh-oleh makanan khas untuk keluarga atau teman di rumah, simak uraian berikut.

Berikut Ragam Oleh-oleh Khas Malang Bisa Dijadikan Alternatif Pilihan

Rasanya ada yang kurang ketika berkunjung ke tempat wisata di Malang, tapi tidak membawa pulang oleh-oleh. Bagi Anda yang masih bingung ingin membeli oleh-oleh apa saat ke Malang, bisa menjadikan daftar berikut sebagai alternatif pilihan:

  1. Strudel

    Oleh-oleh khas Malang pertama adalah strudel. Malang Strudel telah didirikan sejak tahun 2014 silam dan pemiliknya merupakan seorang artis bernama Teuku Wisnu. Pada dasarnya, strudel adalah kue yang asalnya dari Jerman. Bahan pembuatan strudel berupa pastry dengan isian berbagai jenis sayuran maupun buah-buahan. Strudel dari kota satu ini dari segi cita rasa berbeda bila dibandingkan asal negara Jerman.

    Dari segi cita rasa sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia agar cocok. Bentuk serta isian strudel beragam, ada pisang, nanas, apel, nangka dan jenis buah lainnya. Terdapat beragam tipe strudel, mulai dari original, toasted, strudel O hingga premium. Rasanya lembut pada bagian dalam dan renyah di luarnya. Rasa seperti inilah penyebab banyak orang menggemari strudel.

  2. Keripik Tempe

    Keripik tempe adalah salah satu oleh-oleh khas Malang yang populer. Dari segi rasa renyah dan gurih. Selain itu, keripik tempe dari kota ini bisa ditemukan berbagai pilihan rasa, seperti manis, jagung, keju, rumput laut, barbeque serta pizza.

    Keripik tempe harganya terjangkau, bergantung pada varian rasa serta ukuran kemasannya. Bila Anda ingin membawa pulang oleh-oleh harga murah, bisa menjadikan keripik tempe sebagai pilihan.

  3. Keripik Buah

    Jenis keripik khas wilayah Malang yang populer bukan hanya tempe saja, tapi juga buah. Beberapa buah yang dijadikan keripik adalah salak, nangka, apel, semangka, kelengkeng, rambutan serta masih banyak lagi.

    Setiap keripik buah memiliki keunikan cita rasanya masing-masing. Keripik buah akan banyak Anda temukan di toko buah atau tempat oleh-oleh dekat area wisata yang sedang dikunjungi.

  4. Pia Mangkok

    Oleh-oleh khas Malang berikutnya adalah pia mangkok. Pia mangkok khas wilayah Malang berbeda dengan bakpia Jogja. Salah satu perbedaannya dari segi ukuran lebih besar dibandingkan bakpia Jogja. Sedangkan dari segi pilihan rasanya, ada keju, kacang hijau, cokelat, durian, nanas, kopi, green tea serta tangkwee.

    Kemasan produk ini beragam, mulai dari isi sejumlah 5 buah sampai toples dengan isian sampai 16 buah. Pia mangkok asalah jajanan khas tradisional yang telah ada sejak lama, tepatnya tahun 1959 silam. Dulu awalnya pia ini rasanya hanya kacang hijau saja. Tapi, sekarang berkembang menjadi lebih banyak varian rasa.

  5. Lapis

    Kue lapis Malang merupakan oleh-oleh yang juga tidak kalah diminati oleh para wisatawan. Produk ini sudah muncul sejak tahun 2017 silam. Bahan pembuatannya yaitu dari kue spons yang terdiri atas beberapa lapis, menyesuaikan varian serta rasanya.

    Beberapa varian oleh-oleh khas Malang satu ini adalah original topping meises serta filling chocolate butter cream, choco holic, lapis bakar, choco peanut, pandan dan keju. Dari segi harga masih terjangkau dan berbeda-beda untuk setiap rasanya.

  6. Jenang Apel

    Jenang apel atau dodol apel merupakan olahan buah apel Malang yang proses pembuatannya cukup lama. Proses pembuatannya yang lama tidak heran bila jenang apel memiliki rasa nikmat dan khas.

    Akan sayang dilewatkan bila tidak menjadikannya sebagai alternatif pilihan oleh-oleh. Apalagi bila Anda merupakan penggemar jenang. Rasa jenang ini manis serta lebih lembut bila dibandingkan varian lainnya.

  7. Madu Klanceng

    Madu klanceng khas Malang berasal dari lebah trigona atau lebah kerdil. Sesuai dengan namanya, lebih ini mempunyai ukuran kecil serta jarang sekali ditemukan. Rasa madu klanceng sedikit berbeda dengan varian biasa. Dari segi rasa, oleh-oleh khas Malang satu ini pahit, sedikit manis serta asam.

    Untuk warna madu ini gelap dengan tekstur kental. Madu ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi lengkap. Itulah penyebabnya mempunyai banyak khasiat bisa mengobati berbagai jenis penyakit, seperti kanker. Dengan khasiat seperti ini, tidak heran bila harga madu klanceng atau istilah lainnya madu kelulut lebih mahal per botolnya.

  8. Apel

    Buah apel populer sebagai primadonanya kota Malang. Banyaknya Perkebunan apel dikota ini, membuatnya disebut sebagai kota apel. Inilah yang membuat di berbagai tempat wisata Malang tidak lengkap rasanya bila tidak membeli apel.

    Anda bisa membelinya di toko buah dekat area wisata atau memetiknya langsung di perkebunan apel. Bila tidak sempat mengunjungi keduanya, toko buah apel pinggir jalan bisa dijadikan pilihan. Dua jenis apel yang populer adalah ana dan manalagi.

Semua oleh-oleh yang sudah disebutkan, memiliki cita rasa dan harga berbeda-beda. Bila memang sedang menghemat budget, Anda bisa membeli oleh-oleh khas Malang yang harganya terjangkau.

Related Post